Lautanmu Bukan Milikku

Gusar

Perasaan yang mendera hati dan pikiran belakangan ini

Aku tahu tak seharusnya perasaan ini kusimpan

Untuk apa masih mencari serbuk sari yang sudah jatuh pada putik yang lain?

Salahku memang

Kadang hati ini tak tahu malu

Masih saja berharap, padahal mengerti bahwa harapan itu sejak awal hanya semu

Hanya berupa asa dan mimpi,

yang hadirnya dipaksakan

Kau.

Borneolo, demikian kunamakan engkau

Baru satu tulisan tertulis atas namamu

Sudah demikian tercekat aku dalam bayangmu

Memang sudah ditakdirkan pemilik hati hanya satu

Jika yang lain akan memasuki, lebih baik pergi saja, mati.

Toh yang ada kelak hanya perih

Pernah ada harapan kelak aku bisa berenang di antaramu.

Di antara lautan sendu mata milikmu, yang telah memerangkapku terlalu dalam

Namun aku sadar

Sedari awal, tak seharusnya aku merenangi kedalaman matamu

Lautan itu bukan milikku

Terlalu banyak sudah harapan tertumpuk

Terlalu dalam sudah semua tertanam

Semakin berusaha aku merengkuhmu

Semakin menjauh kulihat bayangmu

Bayangmu.

Usah kau ajari aku menjadi matahari

Aku bahkan tak ingin sekedar menjadi bintang di semestamu

Jika aku memang matahari, biar aku mencari semestaku sendiri

Tempatku bukan di antaramu; dan dia

Biarkan kini aku menepi dari lautanmu

Samuderamu terlalu dalam

Sementara aku tahu bukan jejakku yang berada di dasarnya

Biar lautanku kutemukan sendiri

Biar aku menjadi matahari untuk menerangi semesta yang lain

Bukan milikmu

Aku melepaskanmu Borneolo. Pergilah dari angan dan harapanku. Pergilah. Bawa serta semua perasaan ini. Senja indah telah menantimu dan ombak itu di batas horison. Aku tahu benar, ombak itu… Bukan aku.

pic: google images

pic: google images

About ayundazikrina

Woman with dreams
This entry was posted in Catatan Rasa and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

